Search This Blog

Pages

Selasa, 11 Mei 2010

Disk boot failure - Insert system disk and press Enter

Disk boot failure - Insert system disk and press Enter , Pernahkah anda menemukan dialog seperti ini ketika menghidupkan komputer? Pengalaman ini saya alami ketika saya diminta benerin komputer  sepupu yang lama tidak dioperasikan, waktu dihidupkan monitor tidak bisa hidup menampilkan.. terpaksa saya bawa pulang, kemudian saya coba dengan monitor komputer yang di rumah, ternyata bisa..tapi komputer tidak mau melakukan booting dengan ditandai dialog Disk boot failure - Insert system disk and press Enter. Setelah sbeberapa lama saya utak atik ( termasuk hardwarenya ) tetep aja tidak mau booting..terpaksa nyari-nyari informasi..hah tapi akhirnya dapet juga, ternyata langkah-langkahnya tidak jauh dari yang saya bayangkan sebelumnya, hehe.. !! ok, langsung aja dipaparkan Tips N' Trik nya..hehe..!!!

Penyebabnya ada macem-macem tu, bisa jadi karena ada disket/CD/DVD yang masih tertinggal di drive, kalau emang ada, keluarin tu semua dari drivenya, kemudian restart.
Atau bisa jadi disebabkan karena booting BIOS salah, atur urutan booting BIOS supaya drive C yang lebih duluan dijalankan
Atau bisa jadi ada file yang corrupt atau hilang atau rusak, sehingga OS tidak terdeteksi.

Nah dari sedikit tips ini tentunya anda bisa mengembangkannya sendiri kan, sebenernya masih banyak kemungkinan-kemugkinan terjadinya masalah seperti ini..tapi kebetulan pengetahuan saya masih cetek..jadi ya segini aja dulu yah..hehehehe.
Selamat mencoba ya,,,Semoga bermanfaat!!
Share this article now on :

+ komentar + 2 komentar

Mei 18, 2010 8:13 PM

nah kalo cs ud engga ada, setting boot configuration udah, tp pas di boot configuration, HD engga k detect gmn?? brrti HD nya yg rusak yah?

Terimakasih andri atas Komentarnya di Disk boot failure - Insert system disk and press Enter
Mei 19, 2010 8:43 PM

Anda pernah mengganti kabelnya ga?kalo emag iya coba cek dulu, jenis HD ma kabelnya cocok gak..kabel data yang berbasiskan IDE gak bisa dipake buat SATA. atau kesalahan kabel power juga berpengarauh besar tuh. Kalo emang konfigurasi bios udah bener, kemungkinan besar HD nya tuh yang minta di renewing...hehhe!!! Lembiru aja bos!!

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Friends!